Halaman

Sabtu, 21 Januari 2012

Sebuah Postingan Random - What happened to LAW nowadays?

selamat pagi all~ apa kabar semua? semoga selalu dalam keadaan sehat dan kesehatan selalu menyertai kita.

aaaah pagi buta gini gw sedikit ngepost hal yang serius lah. hahaha biasanya gw ngepost hal-hal aneh atau event-event guild, sekarang gw ingin sedikit menyinggung hal-hal yang berbau hukum.

ya, hukum.

adalah sebuah perangkat berisi aturan-aturan yang dibuat oleh badan yang berwenang untuk menetapkan mana yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan sesuai norma yang hidup dalam masyarakat. jadi secara ringkasnya hukum itu adalah aturan yang dibuat supaya manusia tidak keluar jalur dalam kehidupan dan melakukan perbuatan-perbuatan aneh.

sejatinya, hukum dibuat harus sesuai dengan apa yang ada dalam masyarakat. harus mengikuti norma yang ada, dan membuat masyarakat tidak resah dengan hukum itu. dan harus ditegakkan dengan rasa keadilan oleh yang bertanggung jawab.

tapi, apa yang terjadi sekarang?

begitu banyak masalah hukum yang terjadi. korupsi, penganiayaan, penyelewengan, ataupun kasus yang baru-baru ini terjadi, yaitu tentang pembuatan hukum anti-piracy oleh Amerika. menunjukkan bahwa pembuat hukum serta penegaknya sudah keluar jalur dari masyarakatnya sendiri. mereka tidak melihat dan membuat hukum sesuai dengan apa yang ada pada masyarakat. mereka hanya membuat aturan sesuai kehendak mereka, mencari celah sehingga saat mereka melanggar mereka tahu bagaimana cara mengatasinya.

tapi hey, mereka itu sarjana hukum, kan?

apa itu yang sarjana hukum? orang-orang yang terpilih dari sebuah fakultas bernama " Fakultas Hukum " dan telah dididik oleh dosen-dosen berkualitas itu membuat hukum sesuai apa yang enak ma mereka? kemana pelajaran dasar itu? kemana pelajaran moral tentang hukum itu? sudah lupakah mereka apa tujuan hukum itu dibuat?

solusi apa yang bisa diharapkan? adalah pendidikan hukum yang baik dari universitas dan kesadaran dari sarjana hukum itu sendiri. kalau ditanya kesadaran, mungkin agak susah ya. karena setiap orang-orang itu berbeda. tapi, kenapa tidak kita mulai dari diri kita sendiri?

Yes We Nyan, eh salah, We Can!!

that's all for today, HAVE FUN :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar